Apel Siaga Relawan Pegiat Kebencanaan dan Workshop Simulasi Tanggap Bencana

Pada hari Jumat, 11 Maret 2022, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Workshop Sosialisasi Game Evakuasi SIGAP Merapi Adventure (Simulasi Tanggap Bencana) atas kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Kapanewon Cangkringan.

Workshop ini diawali dengan penyelenggaraan Apel Siaga Relawan Pegiat Kebencanaan Se-Kapanewon Cangkringan. Apel tersebut dipimpin secara langsung oleh Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo selaku Bupati Kabupaten Sleman dan dihadiri oleh sekitar 125 orang Relawan Pegiat Kebencanaan dari berbagai unsur.

Adapun Workshop Simulasi Tanggap Bencana merupakan bagian dari kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat Fakultas Teknik UGM yang bekerja sama dengan Heriot-Watt University, Inggris. Hasil dari workshop ini akan menjadi masukan bagi pengembangan dan penyempurnaan hasil penelitian yang selanjutnya. Game Merapi SIGAP Adventure dapat diakses oleh publik secara gratis di google store atau play store pada Smart Phone Android.

Pada kegiatan workshop, Ir. Hilya Mudrika Arini, S.T., M.Sc., M.Phil., Ph.D., IPM., ASEAN Eng dari Departemen Teknik Mesin dan Industri dan Dr. Tri Mulyani Sunarharum, S.T. dari Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM menjelaskan bahwa Game Evakuasi SIGAP Merapi Adventure yang baru dikembangkan diharapkan dapat berkontribusi bagi upaya peningkatan ketangguhan masyarakat dan bagi pengurangan risiko bencana erupsi Merapi.
(source : tim SIGAP Merapi Adventure)

 

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=cvYSvuiCYoc[/embedyt]

 

 

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.