
Tamara Kartika, mahasiswa program Pendidikan Magister Menuju Doktor Untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Teknik Industri UGM angkatan 2024 mempresentasikan seminar proposal penelitiannya yang bertajuk “Pengembangan Kerangka Identifikasi Prioritas Pengembangan Atribut Produk Berbasis Ulasan Pelanggan Daring” pada Kamis (30/01) di Ruang M11 Departemen Teknik Mesin dan Industri (DTMI) UGM. Seminar ini dibimbing oleh Ir. Subagyo, Ph.D., IPU., ASEAN.Eng. dan dihadiri oleh tiga penguji, yaitu Ir. Fitri Trapsilawati, S.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Ir. Yun Prihantina Mulyani, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., serta Ir. Budhi Sholeh Wibowo, S.T., M.T., PDEng., IPM., ASEAN.Eng.
Penelitian yang diajukan oleh Tamara Kartika bertujuan untuk mengembangkan kerangka yang lebih efektif dan efisien dalam mengidentifikasi prioritas atribut produk dengan memanfaatkan data ulasan pelanggan daring. ”Dalam menghadapi tantangan terbatasnya sumber daya, perusahaan harus dapat menangkap kebutuhan pasar secara cepat dan akurat. Salah satu solusinya adalah penggunaan metode text mining, seperti analisis sentimen dan pemodelan topik, untuk mengolah data ulasan daring,” papar Tamara
Sebagian besar penelitian terdahulu hanya melihat aspek kepuasan pelanggan terhadap pemenuhan atribut atau realitas keterpenuhan atribut tanpa memadukan kedua aspek tersebut. Dalam penelitian ini, Tamara mengintegrasikan model Kano yang menangkap aspek kepentingan atribut dan algoritma peluang yang mampu menggambarkan realitas keterpenuhan atribut. Dengan menggabungkan teknik-teknik ini, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai prioritas atribut produk yang perlu dikembangkan.

Sebagai studi kasus, penelitian ini menggunakan data ulasan pelanggan untuk produk sepatu yang diperoleh dari platform e-commerce Lazada. Metode analisis sentimen berbasis aspek (ABSA) dan pemodelan topik menggunakan Latent Dirichlet Allocation (LDA) akan digunakan untuk mengolah data ulasan. Hasil analisis tersebut kemudian akan diproses dengan menggunakan model Kano dan algoritma peluang, sehingga dihasilkan diagram peluang-Kano yang menggambarkan prioritas atribut produk yang harus dikembangkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih jelas bagi perusahaan dalam menentukan prioritas pengembangan produk. Melalui kerangka yang dikembangkan, perusahaan dapat mengurangi biaya riset pasar, mempercepat pengambilan keputusan, dan lebih efisien dalam mengidentifikasi atribut penting bagi pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam mendukung inovasi dan pengembangan produk yang lebih tepat sasaran, serta meningkatkan daya saing industri, sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) mengenai industri yang inklusif, berkelanjutan, dan inovatif.
Seminar ini juga diharapkan dapat membuka jalan bagi perusahaan untuk memanfaatkan ulasan daring sebagai sumber data yang berharga, bukan hanya untuk memahami keinginan pelanggan, tetapi juga untuk membuat keputusan pengembangan produk yang lebih efisien dan berbasis data.
Kontributor: Maryanti, A.Md.
Editor: Gusti Purbo Darpitojati, S.I.Kom.