Desriana Presentasikan Penelitian Optimasi SPKLU dalam Seminar Hasil

Desriana Yusi Irawati, mahasiswa Program Doktor Teknik Industri UGM sekaligus dosen Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Darma Cendika, telah melaksanakan Seminar Hasil 1 untuk penelitian disertasinya yang berjudul “Optimasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik dengan Mempertimbangkan Kriteria Teknik, Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan”. Seminar Hasil 1 tersebut dilaksanakan pada Rabu (26/03), bertempat di Ruang Sidang A-3 Departemen Teknik Mesin dan Industri (DTMI) UGM. Seminar Hasil 1 ini merupakan salah satu tahap yang harus dilalui oleh seorang mahasiswa program doktor dalam menyelesaikan penelitian untuk tugas akhirnya.

Dalam Seminar Hasil 1 kali ini, turut hadir tim promotor dan kopromotor dari Desriana yang beranggotakan Prof. Ir. Nur Aini Masruroh, ST., M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN Eng. dan Ir. Nur Mayke Eka Normasari, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., serta Sekretaris Program Studi (Sekprodi) Doktor Teknik Industri Ir. Muhammad Kusumawan Herliansyah, S.T., M.T., Ph.D., IPU., ASEAN Eng..

Dalam penelitiannya, Desriana menyatakan bahwa pemerintah Indonesia menargetkan penerapan kendaraan listrik dengan target 2 juta unit mobil listrik dan 13 juta unit sepeda motor listrik pada tahun 2030. Meskipun penjualan mobil listrik meningkat 104% pada semester pertama 2024, tingkat adopsi kendaraan listrik masih jauh dari target tersebut. ”Pemerintah telah mengimplementasikan berbagai kebijakan seperti insentif pembelian, subsidi konversi, pembebasan PPN, dan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mendukung target ini,” paparnya.

Salah satu kebijakan penting adalah pengembangan infrastruktur SPKLU. Sejak 2021, PLN telah meningkatkan jumlah SPKLU hingga 1.582 unit untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kendaraan listrik. Meskipun ada hubungan antara jumlah SPKLU dengan tingginya adopsi kendaraan listrik, masih ada tantangan dalam memahami mekanisme perilaku konsumen dalam mengadopsi kendaraan listrik dan penggunaan SPKLU.

Penelitian ini bertujuan untuk menggali faktor-faktor yang memengaruhi minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik dan penggunaan SPKLU. Faktor-faktor tersebut termasuk jarak tempuh, harga, insentif, kecepatan kendaraan, keandalan, dan fasilitas pendukung. Selain itu, faktor psikologis seperti sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan perhatian terhadap lingkungan juga memainkan peran penting dalam keputusan adopsi kendaraan listrik. Studi ini menggunakan model UTAUT3 untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam mengadopsi kendaraan listrik dan penggunaan SPKLU. ”Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pemerintah dan perusahaan untuk mendorong peralihan ke kendaraan listrik dan pengelolaan SPKLU yang lebih baik di Indonesia,” pungkas Desriana.

Kontributor: Sani Wicaksono, S.E., M.M.
Penyusun: Gusti Purbo Darpitojati, S.I.Kom.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.