BKSTI Kolaborasikan Prodi Doktor Teknik Industri Seluruh Indonesia dalam Workshop Pembentukan Kurikulum

Program Studi (Prodi) Doktor Teknik Industri UGM berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam Workshop Penyusunan Kurikulum Program Studi Doktor Teknik Industri yang diprakarsai oleh Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) pada Jumat (21/06), bertempat di Ruang Sidang A-1, Departemen Teknik Mesin dan Industri (DTMI) UGM. Workshop yang diadakan secara bauran ini dihadiri oleh Ketua umum BKSTI, Koordinator Kurikulum Inti BKSTI, dan para Ketua Program Studi (Kaprodi) Doktor Teknik Industri dari berbagai universitas di Indonesia, antara lain UI, ITB, UII, USU, UNS, ITS, Universitas Trisakti, Universitas Katolik Parahyangan, dan Universitas Surabaya.

Workshop secara resmi dibuka oleh Ketua Umum BKSTI, Nurhadi Siswanto, Ph.D., setelah penyampaian sambutan oleh Ketua Departemen Teknik Mesin dan Industri, Prof. Budi Hartono, Ph.D.. Dalam paparan pembukaannya, Nurhadi menerangkan bahwa workshop ini merupakan agenda yang penting untuk Prodi Doktor Teknik Industri di seluruh Indonesia. Berbeda dengan Prodi Sarjana dan Prodi Magister, hingga saat ini Prodi Doktor Teknik Industri belum memiliki panduan kurikulum baku yang disusun oleh BKSTI, sehingga workshop diadakan dengan mempertemukan Kaprodi Doktor Teknik Industri dari seluruh Indonesia guna berbagi aspirasi dan masukan untuk pembentukan kurikulum.  

Para Kaprodi Doktor secara bergantian menyampaikan presentasi mengenai Prodi Doktor Teknik Industri di masing-masing universitas sebagai acuan forum dalam mengawali pembentukan kurikulum. Presentasi yang disampaikan banyak berfokus pada profil singkat prodi, kurikulum yang ada di masing-masing universitas, profil lulusan, masa studi mahasiswa, tantangan dan kendala yang dihadapi oleh prodi, kemudian refleksi dan kesimpulan. Presentasi-presentasi yang telah disampaikan kemudian dibedah dan dibahas secara terperinci dengan penyampaian tanya jawab sehingga dapat ditemukan poin-poin yang bisa dimasukkan ke dalam rancangan kurikulum.

Tags: SDGs 17 SDGs 4

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.