PSTI UGM didesain dan disusun dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan dimana setelah 3-5 tahun kelulusannya memiliki profil/Program Educational Objectives (PEO) sebagai berikut:
- Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang Teknik Industri.
- Berhasil mengamalkan ilmu Teknik Industri untuk mengidentifikasi kebutuhan, merancang, memperbaiki, dan menginstalasi sistem sosio-teknikal kompleks yang terintegrasi secara inovatif berdasarkan nilai-nilai Pancasila
- Mempunyai kemampuan adaptasi, komunikasi, dan technopreneurshipserta mampu bekerja, baik sebagai individu maupun dalam tim dengan tetap mempertimbangkan etika, tanggung jawab moral, dan sosial.
- Menjadi pembelajar sepanjang hayat yang adaptif terhadap dinamika masyarakat dan profesi
Student Outcomes (SO)
Student Outcomes (SO)/Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) PSTI UGM terdiri dari pengetahuan dasar (basic knowledge – A), kompetensi keteknikan (engineering skills – B), profesionalisme (C) dan sikap pembelajar sepanjang hayat (life-long learning – D). Keunikan kompetensi lulusan PSTI UGM yang meliputi local dan global understanding serta aspek kolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan teknik industri secara inovatif dieksplisitkan dalam SO dan Performance Indicator (PI) seperti berikut:
A.1. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah keteknikan yang kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip keteknikan, sains, dan matematika
A1.1. Mampu mengingat dan menjelaskan prinsip matematika, sains, dan teknik
A.1.2. Mampu menggunakan prinsip yang dipelajari sebelumnya untuk memecahkan masalah teknik yang kompleks
B.1. Mampu menerapkan rekayasa perancangan untuk menghasilkan solusi inovatif untuk meningkatkan performa sistem kompleks sosio-teknikal yang terintegrasi dengan pertimbangan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat, dari perspektif faktor global, budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi
B.1.1. Mampu merancang solusi inovatif untuk menyelesaikan permasalahan
B.1.2. Mampu melakukan justifikasi berdasarkan spesifikasi dan faktor yang ditentukan
B.1.3. Mampu menerapkan solusi pilihan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan
B.1.4. Mampu menggunakan alat atau pendekatan Teknik Industri untuk mengukur dan membandingkan kinerja sistem sebelum dan sesudah penerapan solusi
B.1.5. Mampu mengoptimalkan kinerja sistem
B.2. Mampu melakukan observasi dan eksperimen, menganalisis dan menafsirkan data secara kritis, serta menggunakan pertimbangan teknik untuk menarik kesimpulan
B.2.1. Mampu membuat rancangan percobaan
B.2.2. Mampu memperoleh data tentang variabel yang sesuai
B.2.3. Mampu membandingkan hasil eksperimen dengan model teoritis yang sesuai
B.2.4. Mampu menjelaskan perbedaan yang diamati antara model dan eksperimen
C.1. Mampu Berkomunikasi secara efektif dengan audiens yang beragam
C.1.1. Mampu memahami informasi dengan pikiran terbuka dan menghormati hak orang lain
C.1.2. Mampu memberikan masukan menggunakan empati
C.1.3. Mampu menyampaikan ide ke audiens yang beragam
C.2. Mampu memahami tanggung jawab dan etika profesi keteknikan dalam membuat penilaian dengan mempertimbangkan dampak solusi teknik dalam konteks nasional, global, ekonomi, lingkungan, sosial, dan isu kontemporer
C.2.1. Mampu mematuhi standar yang sesuai
C.2.2. Mampu membuat keputusan dengan mempertimbangkan dampak dan konteks tertentu
C.3. Mampu berperan secara efektif dalam tim dengan jiwa kepemimpinan, menghasilkan inovasi kolaboratif dan menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, menetapkan tujuan, merencanakan tugas, dan memenuhi tujuan
C.3.1. Mampu mengenali kemampuan diri
C.3.2. Mampu berkontribusi pada kegiatan kelompok secara efektif
C.3.3. Mampu bekerja untuk menetapkan, merencanakan, dan mencapai tujuan bersama
C.3.4. Mampu bekerja sama untuk menghasilkan inovasi kolaboratif
D.1. Mampu mencari dan menerapkan pengetahuan baru sesuai kebutuhan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat
D.1.1. Mampu melakukan studi mandiri
D.1.2. Mampu menggunakan berbagai jalur untuk memperoleh pengetahuan baru