Indonesian English

You are here:
16 Nov 2016, 19:57
Last Updated on 22 May 2017, 07:13
Hits: 97
Print
Email

PERPUSTAKAAN

Perpustakaan di Universitas Gadjah Mada dapat ditemukan baik di universitas, fakultas dan jurusan.

1. Perpustakaan universitas
Perpustakaan universitas yang berlokasi di Bulaksumur ini memiliki beberapa layanan seperti berikut ini:

a. Layanan referensi

Layanan referensi berada di lantai 2 Gedung Perpustakaan Unit III atau lebih dikenal dengan sebutan Gedung ARC (Academic Resource Center) Bulaksumur. Tersedia buku-buku rujukan (reference), seperti kamus, ensiklopedi, prosiding, laporan tahunan, peraturan dan perundangan, dan buku rujukan lain. Selain itu terdapat terminal untuk mengakses internet dan wifi. Dengan ruangan ber-AC, dilengkapi juga dengan meja baca dan meja diskusi serta locker memungkinkan pemustaka nyaman berada dalam ruangan ini.

b. Layanan Penelusuran Informasi
Penelusuran informasi adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Perpustakaan UGM bagi pemustaka yang membutuhkan penelusuran informasi, artikel maupun sumber informasi lain. Pemustaka dapat menghubungi staf penelusuran yang berada di bagian layanan jurnal/majalah dan terbitan berkala di lantai 1 Gedung ARC. Disediakan formulir penelusuran yang perlu diisi oleh pemustaka tentang informasi yang dibutuhkannya. Pemustaka tinggal menunggu hasil penelusuran tersebut, dan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan informasi secara cepat namun tidak memiliki waktu untuk menelusur sendiri informasi yang dibutuhkannya.

c. Layanan Jurnal atau Terbitan Berkala
Jurnal, majalah, surat kabar maupun terbitan berkala lainnya, merupakan salah satu layanan Perpustakaan UGM bagi pemustaka. Layanan ini berada di lantai 1, Gedung Academic Resource Center (ARC) atau Perpustakaan UGM Unit III Bulaksumur. Terdapat berbagai judul majalah/jurnal cetak lepas maupun terjilid sebagai sumber informasi bagi pemustaka. Untuk memudahkan penelusuran disediakan OPAC. Ruang baca dilengkapi dengan meja baca serta meja diskusi. Beberapa terminal akses internet serta wifi guna memberikan kenyaman bagi pemustaka.

Selain layanan-layanan ini, perpustakaan pusat yang memiliki 3 unit ini, memiliki beberapa corner seperti american corner, hatta corner, sampoerna corner, dll. Hari buka untuk perpustakaan pusat antara lain: Senin-Kamis (07:30-20:00) dan Sabtu (08.00-12.30). Untuk informasi lebih lanjut mengenai perpustakaan pusat dapat mengakses www.lib.ugm.ac.id


2. Perpustakaan Fakultas

Perpustakaan ini terletak di sebelah selatan gedung Kantor Pusat Fakultas Teknik (KPFT) UGM. Perpustakaan ini melayani dosen dan mahasiswa setiap hari kerja. Perpustakaan ini dilengkapi dengan ruang-ruang referensi, baca dan pengelola. Ruang baca berkapasitas lebih dari 50 tempat duduk. Koleksi perpustakaan meliputi buku sejumlah 23.402 eksemplar yang terdiri dari 9.800-an judul, dan 15.000-an eksemplar majalah jurnal ilmiah terdiri atas 1.500-an judul.

 

3. Ruang Referensi Departemen

Ruang referensi yang ada di Jurusan berfungsi sebagai salah satu sumber untuk mencari bahan rujukan atau referensi yang terkait dengan bidang Teknik Mesin maupun Teknik Industri. Koleksi yang ada terdiri dari 4028 judul buku teks, 10135 eksemplar, 470 buku referensi, 587 majalah dan jurnal ilmiah, 4741 laporan penelitian dan skripsi/tesis.

Pengumuman

Print this article
E-mail this article

Daftar Kehadiran Mahasiswa Kuliah Kurang Dari 75% Bersama ini kami beritahukan kepada para… Read Full Story »

Print this article
E-mail this article

Diinformasikan kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, berikut adalah pengumuman… Read Full Story »