Indonesian English

You are here:
28 Nov 2016, 22:37
Last Updated on 18 Mar 2017, 10:15
Hits: 238
Print
Email

Laboratorium ini berfungsi sebagai unit pelayanan untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berhubungan dengan Sistem Produksi, Proses Produksi, Perencanaan Tata Letak Pabrik, Perencanaan dan Pengendalian produksi peralatan transport industri. Di laboratorium ini terdapat mesin-mesin CNC kayu, mesin bubut dan frais kayu, integrated system (robot).

Laboratorium CNC dan CAD/CAM ini juga dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa dalam memprogram dan mengoperasikan mesin-mesin bubut dan freis yang dikendalikan atau dikontrol oleh komputer serta cara-cara penanganan benda atau alat dengan komputer yang dapat langsung dihubungkan ke mesin-mesin CNC. Selain itu juga disediakan mesin pemotong logam dengan menggunakan Laser dan Flame Cutting untuk para mahasiswa yang mempunyai minat khusus tentang Laser dan Flame Cutting.

Untuk memadukan kerja dari mesin-mesin CNC tersebut di Laboratorium CNC ini juga tersedia unit FMS (Flexible Manufacturing System) yang memadukan kerja mesin bubut CNC dan mesin freis CNC dengan menggunakan bantuan robot. Di samping itu juga tersedia fasilitas untuk pengerjaan kayu, menggunakan mesin freis CNC. Jurusan Teknik Mesin dan Industri FT-UGM dipercaya untuk mengelola pusat training mesin-mesin CNC dan CAD-CAM (produksi EMCOAUSTRIA) untuk para staf akademik dan laboran dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Training ini dilaksanakan di Laboratorium CNC dan CAD/CAM.

Beberapa pekerjaan kerjasama yang telah dilakukan di Laboratorium CNC dan CAD/CAM antara lain, dengan PT. Petro Kimia Gresik dalam pembuatan sudu turbin, dengan PJKA dalam pembuatan komponen lokomotif, dengan PT. Garuda Indonesia dalam pembuatan komponen DC-9, dengan PT. New Armada dan dengan PT. IPTN dalam pembuatan spesimen untuk uji retak dan patah lelah, serta beberapa kerjasama pelatihan lain.

Personalia :

No.

Nama

Bidang keahlian

Jabatan (Kalab/ Anggota/ laboran

1

Andi Sudiarso, Ph.D.

Kecerdasan Buatan, Kendali dan Otomasi, ECM/EDM, Sistem Produksi

Kalab

2

Dr. Eng. M. Arif Wibisono

Sistem Manufaktur

Anggota

(Koord.  Prakt. Sistem Produksi)

3

M.K. Herliansyah, Ph.D.

Proses dan Sistem Manufaktur, Pemrosesan Material Lanjut, Biomaterial

Anggota

(Koord. Prakt. Alat Bantu & Statistik)

4

Muslim Mahardika, Ph.D.

Proses dan Sistem Manufaktur, Perancangan Produk dan Manufaktur, Micromachining, Metrologi

Anggota

(Koord. Prakt. Proses Produksi)

5

Dr. Subarmono, P.E.

Mekanika material dan komposit

Anggota

6

Sinta R. Sulistyo, MSIE

Sistem Produksi

Anggota

7

Basuki Rachmat

Proses Produksi

Laboran Sementara 

(Pengganti paruh waktu)