Indonesian English

You are here:
Articles
16 Nov 2016, 19:49
Last Updated on 01 Dec 2016, 23:04
Hits: 94
Print
Email

Tim mahasiswa dari Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM meraih juara pertama dalam kompetisi nasional “Engineering Festival and Competition” (EFiCn) 2016. Kompetisi yang mengangkat tema “Kill Your Ego, Build Your Eco” ini digelar di Universitas Pelita Harapan (UPH) pada 9-12 Mei lalu.

Tim UGM tersebut terdiri dari Novianda Aditya Istiqomah, Fakhrul Arifin Febriyanto dan Derana Winni Adilia.

Novianda menyampaikan, mereka berhasil menyisihkan 20 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pada babak semifinal seluruh peserta diuji untuk menyelesaikan soal-soal teori dasar keilmuan Teknik Industri dengan waktu terbatas dan tingkat kesulitan yang beragam. Dalam tahap satu dan dua babak semifinal, tim harus menyelesaikan soal kelimuan teknik industri dalam wujud pilihan ganda dan esai. Selanjutnya, pada tahap ke-3, setiap tim harus melewati babak cerdas cermat.

Kemudian pada tahap babak semifinal yaitu Industrial Exploration, peserta diberikan berbagai soal teknik industri dalam pos-pos yang terdiri dari materi gambar teknik, kalkulus, ergonomi, forecasting, sistem produksi, dan lainnya.

Selain UGM, tim lainnya yang berhasil melaju ke final adalah dua tim UI, Telkom University, dan Universitas Atma Jaya Jakarta. Pada tahap final, tim diminta menyelesaikan studi kasus membuat solusi untuk perbaikan sebanyak-banyaknya dari perusahan pendaur ulang plastik dan membuat analisis dalam bentuk laporan serta presentasi.

Atas prestasi tersebut, mereka berhasil membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp 15 juta. (UGM/ IK-SS)